12 Mei 2016

Pesona Asri Gili Sulat Lombok Timur Yang Membuat Kamu Jatuh Cinta Dengan Gili


Pesona Asri Gili Sulat Lombok Timur ini merupakan areal KKLD (Kawasan Konservasi Laut Daerah) yang letaknya di kecamatan Sambelia.

Berbicara soal keberadaan Gili Sulat atau pulau kecil di kawasan Lombok memang serasa tak akan habis, setiap datang kesana ada kemungkinan akan kembali lagi karena masih banyak tempat tersisa untuk di singgahi, lebih tepatnya dinikmati.


Gugusan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar luasan lautan Lombok memiliki keistimewaan masing-masing, keunikan yang berbeda, dari itu satu terlewat sudah pasti merasa ada yang kurang saat kembali. Nagih lhooo buat datang lagi dan lagi, eksplore wisata bahari Lombok membutuhkan waktu yang cukup panjang memang, tetapi bukan masalah jika tidak kita nikmati sekaligus, bertahap lebih menantang, terutama rasa penasarannya. 


Gili terkenal di kawasan Lombok diantara perbincangan turis domestik maupun mancanegara di berbagai media, yaitu gili "Matra". Matra ini singkatan terkenal menyebut 3 gili yang seakan mampu mewakili wisata bahari kepulauan lombok, gili Meno, gili Air dan gili Trawangan.

Tetapi ada yang menarik, masih ada banyak gili tersebar di kawasan Lombok dari Lombok barat, timur, utara. Biasanya setiap yang datang ke Lombok, Trawangan adalah destinasi andalan dengan pantai berpasir putih, dengan air jernih yang membiru, dan rasa- rasa angin yang sejuk tenang, tempat paling tepat melepas penat.

Dari lokasi keberadaan gili yang tersebar dalam perjalananya biasanya kita bisa melihat keberadaan gili yang lainnya. Satu lagi gili yang istimewa dan belum terlalu dikenal sebagai tujuan utama, gili Sulat.

Mutiara Wisata Lombok Timur


Bisa dikatakan sebagai ikon berkilau dan istimewa dimiliki kawasan Lombok timur, gili Sulat belum banyak di bahas di aneka macam blog bahkan untuk blog anak muda masa kini, tetapi jika kita membuka atau search tentang gili ini tentunya sudah ada dan cukup dapat menginspirasi untuk datang, pasti.

Gili sulat ini terletak di sebelah timur laut dari kawasan lombok, dan secara geografis memang berada pada kawasan kabupaten Lombok timur, tepatnya di kecamatan Sambelia. Keberadaannya ini dapat ditempuh sekitar 1,5 - 2 jam jika kamu menempuh perjalanan langsung dari Mataram atau Praya.


Dan untuk dapat mencapai gili yang memiliki panjangan sekitar 5,2 km ini, memang memerlukan perjuangan yang menantang, jika akan ke kawasan ini sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke desa terdekat Trakas, bisa sepeda motor ataupun mobil karena sejauh ini di kawasan ini belum beroperasi angkutan umum.


Selain itu dari kawasan datara menuju gili sulat ini menggunakan kapal motor yang biasa digunakan oleh para nelayan, dan berbeda dengan di gili trawangan, disini tidak terdapat dermaga, sehingga untuk singgahnya harus memesan bootin atau tempat mendarat secara privat. Yaa, ekslusive begitulah.

Ini Pesona Gili Sulat Yang Membuat Kamu Jatuh Cinta Dengan Gili


Setelah membaca tulisan di paragraf sebelumnya pasti penasaran, ada apa sih di Gili sulat? Nah, gili yang satu ini merupakan salah satu kawasan konservasi, disini terdapat hutan mangrove yang sangat asri, dan asal tahu saja kawasan ini memiliki habitat konservasi mangrove terlengkap di asia tenggara, bisa dibayangkan suasananya seperti apa, sejuk, banyak kicauan burung, dan pastinya bersih.

Mencapai kawasan gili sulat dapat ditempuh dengan kapal nelayan nanti kamu akan disambut dengan jalan semacam jembatan kayu, yang makin ditelusuri ini ada ditengah hutan mangrove. Perairan disini sangat jernih serasa tembus pandang, mata bisa ikut bening dan asri rasanya.

Di tempat yang belum ramai pengunjung ini kegiatan yang paling menarik dilakukan adalah snorkling, percaya atau tidak di dalam perairan jernihnya biota laut lengkap dan mempesona. Dijamin nggak pengin udahan lah di dalam air. Tidak sia-sia kan menempuh perjalanan panjang untuk sampai lokasi ini mulai dari jauh pusat kota, naik kapal motor sampai dengan 1 jam semua akan terbayar dengan pesonanya, don't worry.


Satu tips penting kalau datang jangan lupa bawa bekal, karna belum ada fasilitas foodcurt disana, dan lebih penting lagi bawa pulang sampahnya. Jadilah traveler yang cinta dengan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang akan berpergian liburan ke Lombok.


6 komentar

  1. Wao iya aku jatuh cinta
    Pada indahnya pesona
    Giri Sulat berwarna
    Menakjubkan mata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo piknik mbak, biar pikiran adem :D

      Hapus
  2. Jatuh cinta banget sama pesona alam di bawah lautnya <3 jadi pengen snorkling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak mau jauh-jauh, di Jakarta ada namanya pulau seribu :)

      Hapus
  3. Cantiknya, jadi pengen nyelem langsung kang tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kang, nanti tenggelam lagi :p

      Hapus

Terimakasih sudah membaca dan memberikan komentar yang relevan, semua komentar yang masuk akan admin balas dan admin akan berusaha untuk langsung berkunjung balik ke blog kamu.

Memberikan komentar yang tidak relevan dengan artikel, promosi blog maupun promosi lainnya akan admin hapus dari kolom komentar untuk membuat nyaman blogger lain dalam memberikan kritik dan saran.

Percayalah jika komentar kamu cerdas, bukan tidak mungkin blogger lain akan berkunjung ke blog kamu tanpa harus menyuruh berkunjung balik.




Admin Bloggerpedia


 

Ad Placement