13 Mei 2016

Traveling ke Candi Gedong Songo Peninggalan Kerajaan Hindu Yang ada di Jawa Tengah


Kamu masih bingung mau traveling kemana? Admin Bloggerpedia akan memberikan info tempat bersejarah yang wajib kamu kunjungi di Jawa Tengah, mari simak.

Tempat bersejarah bukan cuma museum saja yang bisa menjadi lokasi wisata menarik, sejarah yang jauh lebih tua sebelum keberadaan kita juga memiliki daya tarik luar biasa untuk diintip sejenak, tapi yang satu ini berbeda keberadaan situs bersejarah yang dikemas dalam kawasan petualangan alam terbuka.

via: katawarta.com

Nuansa adventure di tempat ini memang sangat terasa, bagaimana tidak backgroundnya adalah jajaran pegunungan Ungaran yang tentunya tidak asing apalagi di kalangan pendaki, dan masyarakat luas. Pegunungan di Semarang, Jawa tengah ini tidak dipungkiri memiliki sejuta pesona, salah satunya keberadaan komplek candi peninggalan hindu yang menawan, dikenal sebagai candi Gedong Songo

Sisi Sejarah Yang Wajib Kamu Tahu,


Gedong songo, mewakili keberadaan komplek candi peninggalan sejarah hindu dengan usia ratusan bahkan ribuan tahun, seperti namanya "gedong songo" dalam bahasa indonesia berarti sembilan bangunan, menggambarkan keberadaanya yang berjumlah 9, tapi jika kamu berkunjung ke lokasi ini memang sudah tidak berjumlah 9 lagi.

Banyak bangunan yang telah runtuh bahkan diantaranya pernah hilang, tetapi kondisi ini tidak merubah nama kenal lokasi di sisi selatan gunung Ungaran ini. Candi yang merupakan peninggalan hindu ini menceritakan tentang keberadaan Dewa Siwa, ini terbukti pada beberapa stupa yang tampak utuh seperti keberadaan Ganesha, Dewi Durga dan pengawal setia siwa pada masanya. Keberadaan stupa dan lukisan dinding candi menjadi daya tarik untuk sedikit banyak mengenal budaya di masalalu. 

Pesona Alam Candi Gedong Songo


Candi yang memiliki pelataran sembilan tingkatan ini terbilang unik karena keberadaannya yang tepat di lereng pegunungan dengan pemandangan hijau yang asri dan tentu berada di ketinggian tertentu ini menjadi pertimbangan layak untuk melakukan wisata adventure atau petualangan alam bebas, tentu saja ini telah menjadi niatan utama ketika menaiki lokasi yang berada tepat di desa Candi, Bandungan, Semarang tersebut.

Hiking adalah kegiatan paling sering dilakukan di lokasi ini, baik oleh pengunjung domestik seperti kamu maupun turis dari luar negri. Bicara tentang pesona indahnya, pertama kali dibahas di blog anak muda masa kini yang dimulai dari saat memasuki wilayah ini sebelum komplek candi di sepanjang jalan kamu bisa melihat aneka jenis tanaman bunga yang menjadi komoditas sekitar.
via: rynari.wordpress.com

Memasuki kawasan candi pemandangan pertama adalah kawasan perkemahan yang hijau dan cukup luas. Setelah masuk dengan retribusi saat ini yang ± 10.000/org dan ±30.000 merupakan tarif khusus untuk turis luar. Harga ini terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan pemandangan dan kepuasan berpetulang yang akan kamu nikmati saat berada disana. 

Keberadaan candi-candi ini tersebar di kompleks dengan pelataran yang berbeda-beda, dimulai dari lantai paling dasar pada candi 1, dan terus naik ke candi-candi berikutnya sampai yang tertinggi saat ini adalah lantai ke 5, keberadaan candi telah disusun rapi meskipun ada banyak yang tidak berupa bangunan utuh, untuk mencapai setiap lantai candi ini dilakukan perjalanan yang melewati jalan setapak kecil, di sekitarnya bahkan terdapat gubug-gubug berjualan sekaligus sebagai tempat istirahat, dan bisa memilih berhenti di tempat dengan spot ketinggian yang paling menawan.

Melihat kota Ungaran dari ketinggian dapat dilakukan di lokasi ini. Tantangan untuk bisa sampai ke puncak paling tinggi menjadi nilai adventure yang serupa dengan naik gunung, dan seperti kata pepatah bahwa hasil tidak pernah mengkhianati usaha ketika sampai diatas view yang menyambut sangat menawan keberadaan pohon pinus dan rumput subur hijau yang rapi serta udara yang segar menjadi gold atau pencapaian yang luar biasa dirasa.

Keunikan lainnya yang dimiliki lokasi ini adalah pemandian air panas yang dapat membuat pikiran kamu tenang, dan ada di bagian sisi lereng perbukitan komplek candi ini terdapat spot belerang yang kalau sudah sore akan mengeluarkan bau menyengat yang khas. Selain itu bagi yang menyukai berkuda, lokasi wisata ini juga dapat menjadi alternatif menantang yang terbaik.

Kamu harus berkunjung kesana, karena disana kamu bakal mendapatkan semua yang admin jelaskan diatas, semoga artikel ini bermanfaat dan menambahkan referensimu tentang traveling, kalo kamu punya Tempat Wisata yang menarik, tulis di kolom komentar ya, supaya teman-teman yang lain tahu.

13 komentar

  1. kapan saya bisa maen kesana ya min??
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. weekend ini bisa kok mbak :)

      Hapus
  2. nabung dlu baru bisa ke sana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabung yang banyak sekalian buat nikah, eh :p

      Hapus
  3. Wah menarik ni karena ada bagian komplek yg menceritakan dewa siwa ya
    Dewi durga
    Wah cucok buat peminat wisata sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nit, atur trip lah :D

      Hapus
  4. Pantes muncul diiklan Pesona Indonesia visit Jawa Tengah. Emang keren nih tempatnya. Situs sejarah dengan pesona alam yang memukau. Kapan aku bisa ke sana, kapan? *lirik dompet T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajakin pacar buat trip kesana, biar makin berkesan.

      Hapus
  5. Memang keren nih tempat wisata dijawa tengah sampai ada iklannya juga hebat deh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua tempat wisata pasti keren mas, soalnya dibahas di Bloggerpedia sih :D

      Hapus
  6. Udah bolak-balik kesini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. traveler sejati dong :D

      Hapus
  7. Saya salah satu pecinta wisata bebatuan, nice review :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca dan memberikan komentar yang relevan, semua komentar yang masuk akan admin balas dan admin akan berusaha untuk langsung berkunjung balik ke blog kamu.

Memberikan komentar yang tidak relevan dengan artikel, promosi blog maupun promosi lainnya akan admin hapus dari kolom komentar untuk membuat nyaman blogger lain dalam memberikan kritik dan saran.

Percayalah jika komentar kamu cerdas, bukan tidak mungkin blogger lain akan berkunjung ke blog kamu tanpa harus menyuruh berkunjung balik.




Admin Bloggerpedia


 

Ad Placement