17 Juni 2016

3 Cara Aman Belanja Online

Akhir-akhir ini banyak kasus penipuan belanja online, mulai dari penjual yang tidak bertanggung jawab sampai kecurangan saat dilakukan transaksi COD (Cost On Delivery) belanja online udah bukan hal yang tabu lagi, kebanyakan orang memilih untuk belanja online dari pada offline, alasannya karena hemat waktu dan tenaga, pun dapat dilakukan hanya dengan sekali klik aja.

Disisi lain pun banyak sekali hal negatif yang dilakukan oknum penjual yang tidak sesuai dengan prosedur penjual-pembeli, padahal etika pertama untuk dapat berjualan adalah dengan berlaku jujur apa adanya, contoh aja kayak kamu lagi pengin nembak cewek tapi kamu tidak apa adanya, bisa diterima sih tapi pada akhirnya kan si cewek tahu kalo kamu bukan kriteria dia, sama halnya menjual barang, kalo barang itu tidak sempurna katakanlah dengan tidak sempurna.

3 cara belanja online aman
via: ngonoo.com


Pembeli membutuhkan informasi yang relevan



Agar kamu tidak terjebak dalam perangkap penjual yang curang, kamu bisa ikuti 3 cara aman belanja online.

1. Pahami Toko Online Itu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memahami toko online yang akan menjadi tempat kamu berbelanja, kamu bisa mengecek keasliannya dengan cara nomor telpon yang jelas, catatan toko online yang tidak negatif di internet sampai kalo perlu datangi toko aslinya jika ada.

2. Lihat Komentar Dan Review

Sebagai pembeli kamu harus lebih cerdas dari penjual, kamu harus mengecek setiap komentar maupun review yang ada tentang toko online tersebut, semakin banyak komentar yang bagus dan semakin sedikit catatan buruk toko online tersebut akan semakin menyakinkan kamu jika toko online tersebut dapat dipercaya.

3. Gunakan Pembayaran Rekber atau COD

Kamu harus melakukan transaksi pembayaran menggunakan rekber (Rekening Bersama), toko online yang sudah menggunakan rekber diantaranya blibli.com, lazada.co.id, kaskus.co.id dan tokopedia.com. Jangan pernah mau melakukan transaksi tanpa menggunakan rekber, kecuali toko online tersebut sudah besar, misalnya kayak jakartanotebook.com. Atau kamu bisa melakukan COD (Cost On Delivery) dengan penjual, tapi usahakan melakukan transaksi ditempat yang ramai dan jangan sendirian.

Itulah 3 Cara Aman Belanja Online supaya kamu tidak dicurangi oleh penjual yang nakal, kalo kamu ada tips tambahan lainnya bisa tulis di kolom komentar. biar yang lain tahu dan dapat menjadikan calon pembeli mawas diri dalam berbelanja.

Semoga artikel ini bermanfaat.


15 komentar

  1. so far saya mah ga pernah ada masalah kalau beli OL biar lebih aman saya biasanya belanja di zalora, berrybenka, hijabenka, tokopedia, blibli &bukalapak klo seller mandiri saya liat di IG dari followernya dan jumlah barang yang diupload hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap nih, biasanya di IG atau line pun ada yang bermasalah, tapi toko online besar diatas emang sudah verifikasi jadi aman, tinggal manajemennya aja bagus atau gak :D

      Hapus
  2. Iya nih bner mkin marak aja kasus penipuan. Ramadhan pun ada, kasian tmen kmren kena rampas 700rebu bhro.. aku sruh dia prgi ke bank terkait, biar di blokir rekening sellernya. Huhh!! Apalah untungnya sm dia kan, jelas gk tenang lah hdup dia tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus lebih berhati-hati sekarang mah non kalau belanja online, banyak yang gak bertanggung jawab alias abal-abal

      Hapus
    2. kalo bisa pakai rekber aja kalo mau belanja biar lebih aman.

      Hapus
  3. Dengan ketiga cara yang disarankan diatas yaitu, memahami tokonya, melakukan review dan melakukan pembayaran melalui sistem cod, mudah2an bisa mengurangi kasus2 penipuan belanja lewat toko online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang COD pun masih rawan penipuan mas :(

      Hapus
  4. Onlen shopnya kudu yang punya track record bagus emang hihi
    Cari testimoni sebanyak2nya dari internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang pula ada review yang nembak, jadi benar-benar harus jeli mbak.

      Hapus
  5. Banyak banget penipuan online yang bikin saya geleng kepala. Kadang udah teliti, masih aja ketipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di Tokopedia pasti aman mbak :p

      Hapus
  6. kalo saya mnisalkan mau belanja online paling mencari tau apakah latar belakang toko tersebut, review :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi masih ada pula toko online yang nembak review, jadi harus jeli kang :)

      Hapus
  7. aku suka belanja pake toko2 onlen yang ada rekbernya gitu soalnya lebih secure aja dan barang pasti sampeknya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mbak, rekber pasti aman :)

      Hapus

Terimakasih sudah membaca dan memberikan komentar yang relevan, semua komentar yang masuk akan admin balas dan admin akan berusaha untuk langsung berkunjung balik ke blog kamu.

Memberikan komentar yang tidak relevan dengan artikel, promosi blog maupun promosi lainnya akan admin hapus dari kolom komentar untuk membuat nyaman blogger lain dalam memberikan kritik dan saran.

Percayalah jika komentar kamu cerdas, bukan tidak mungkin blogger lain akan berkunjung ke blog kamu tanpa harus menyuruh berkunjung balik.




Admin Bloggerpedia


 

Ad Placement